Semarang – Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika dan Sistem Informasi Universitas Semarang (Himmatisi USM) menyelenggarakan Sosialisasi Teknologi Digital di RW 02 Pedurungan Tengah Kota Semarang, baru-baru ini. Kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemasaran produk bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) secara digital ini, mengusung tema “Sosialisasi Peningkatan Promosi Untuk Memperluas Jangkauan Pemasaran Produk Masyarakat Dengan Teknologi Digital”.
Kegiatan ini dibuka dengan sambutan Ketua RW bapak Suparji.
“Saya sangat berterima kasih dengan Himmatisi USM, karena sosialisasi ini dapat memberikan pengetahuan kepada peserta Usaha Kecil Menengah (UKM) terhadap pentingnya teknologi digital dalam memasarkan produk,”ungkapnya.
Kemudian dilanjut dengan perwakilan Pembina Himpunan Mahasiswa jurusan Teknologi Informasi ibu Siti Asmiatun, S.Kom., M.Kom. Ibu Siti Asmiatun, S.Kom., M.Kom mengatakan, kegiatan ini bertujuan
Materi sosialisasi disampaikan oleh Anggota Himmatisi, Kasa Kusuma Wardani.
“Ada beberapa contoh media promosi digital yang dapat digunakan pemilik UKM untuk promosi, antara lain website, media sosial seperti facebook dan instagram, platform e commerce, seperi shopee, tokopedia, blibli.com, dan lazada,”Ujar Kasa.
Narasumber Hetta Rachma menyampaikan era digital seperti sekarang ini, pemanfaatan platform digital seperti media sosial, e-commerce, dan website menjadi kunci untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan daya saing usaha.
“peserta dapat lebih memahami berbagai alat dan strategi pemasaran digital yang dapat digunakan untuk mempromosikan produk mereka, serta memanfaatkan platform digital yang tepat sesuai dengan jenis usaha yang dijalankan. Saya juga berharap kegiatan ini dapat mendorong kolaborasi antar pelaku UMKM, memperluas jaringan mereka, dan memberikan mereka kepercayaan diri untuk berkembang di dunia digital.” Tambahnya
Ketua HIMMATISI Andini Ayu Nurhaliza, berharap para pelaku usaha dapat memahami pentingnya digitalisasi dalam memperluas jangkauan pemasaran produk, mengidentifikasi platform digital yang sesuai untuk usaha mereka, dan mengembangkan jaringan dan bertukar pengalaman dengan pelaku usaha lain.