UKM PILUS Universitas Semarang Laksanakan Pelatihan Peer Counselor bagi Remaja

Semarang-Unit Kegiatan Mahasiswa Pusat Informasi dan Konseling Universitas Semarang (UKM PILUS USM) melaksanakan pelatihan Peer Counselor bagi remaja, baru-baru ini.

Kegiatan yang bertema “Recognizing and addressing: The role of peer counselor’s” ini dilaksanakan di Gedung V, lantai 6 Universitas Semarang dan diikuti oleh 50 orang mahasiswa Universitas Semarang.

Kegiatan ini dibuka secara simbolik oleh Wakil Rektor III Universitas Semarang, Dr Junaidi, SHI MH.

Ketua Panitia, Salsabilla Putri Andarani mengatakan tujuan kegiatan ini terlaksana adalah untuk meningkatkan softskill pada diri remaja, khususnya memiliki kemampuan konseling dengan teman sebaya. Selain itu juga ini sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab UKM PILUS terhadap kesehatan mental pada remaja.

“Saya berharap melalui kegiatan ini dapat menciptakan konselor remaja yang peduli dan tanggap dengan kesehatan mental sebayanya, minimal dengan teman sebaya di sekitarnya,”ucapnya.

 Narasumber kegiatan ini adalah Dosen Psikologi USM yaitu Ibu Feti Pratiwi SPsi MPsi Psikolog, yang memberikan materi tentang dasar – dasar materi konseling sebaya dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi konselor.

Selain materi, narasumber juga melakukan praktik konseling sebaya dan relaksasi dengan teknik meditasi.

Feti mengatakan teknik meditasi ini adalah salah satu dari beberapa teknik relaksasi yang mudah untuk dilakukan pada saat melakukan konselor sebaya yang tujuannya untuk merileksan teman sebaya.

Menurutnya, teknik ini terbukti ampuh, syaratnya dilakukan dengan langkah-langkah dan cara yang benar.

 “Meditasi yang dilakukan dengan benar akan sangat membantu seseorang untuk lebih rileks.”, ungkapnya.