Himmatisi FTIK USM Gelar Kuliah Umum dan Sarasehan

SEMARANG – Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknologi Informasi (HIMMATISI) Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Semarang (USM) mengadakan kegiatan Kuliah Umum dan Sarasehan, baru-baru ini. Kegiatan yang bertema l “Artificial Intelligence (AI) pendorong Pengambilan Keputusan di Era Teknologi masa kini”, yang ditujukan kepada Mahasiswa Baru 2024 Jurusan Teknologi Informasi. Acara ini berlangsung di Gedung FTP lt.6 Universitas Semarang dan dihadiri oleh sekitar 147 mahasiswa baru, dosen, serta alumni dari berbagai angkatan.

“Acara ini bertujuan untuk memperkuat ikatan antara alumni, dosen, dan mahasiswa, serta menjadi wadah belajar dan berbagi pengalaman yang berguna bagi masa depan kita. Semoga acara ini memberikan manfaat dan ilmu yang bermanfaat bagi kita semua,” Kata Ketua Pelaksana, Sedayu Aldiyanto.

Ketua HIMMATISI, Andini Ayu Nurhaliza mengatakan perkembangan teknologi khususnya AI, telah membawa perubahan besar dalam cara kita membuat keputusan. AI telah menjadi pilar penting dalam memberikan solusi yang lebih cepat, akurat, dan efisien.

“Saya berharap, melalui kegiatan ini, kita semua dapat memahami lebih dalam bagaimana AI dapat dioptimalkan dalam pengambilan keputusan, serta bagaimana kita sebagai mahasiswa dapat berkontribusi dalam perkembangan teknologi tersebut”, ucapnya.

Kegiatan ini disambut oleh Sekretaris Jurusan Teknologi Informasi, Khoirudin SKom MEng.

“Saya mengapreasi panitia yang telah menyelenggarakan kegiatan ini, karena dapat mendorong pengembangan potensi dan antusiasme dalam berorganisasi, khususnya di HIMMATISI. Selain itu juga, sebagai wadah bagi Program Studi Sistem Informasi dan Teknik Informatika untuk meningkatkan kompetensi, serta memfasilitasi kerja sama guna menciptakan kemajuan dalam penyusunan skripsi dan proposal penelitian, dengan niat untuk berkumpul dan bukan sekadar untuk keuntungan finansial”, ungkapnya.

Narasumber kegiatan ini adalah Kepala Jurusan Teknologi Informasi dan dosen di Program Studi Sistem Informasi USM, Nutriana Hidayati SKom MKom tentang penerapan AI dalam dunia nyata serta perannya dalam mendukung pengambilan keputusan di berbagai sektor.

Setelah selesai materi, kegiatan selanjutnya adalah sharing atau sesi motivasi oleh alumni HIMMATISI dan Mahasiswa Lulusan Terbaik Teknik Informatika 2024, Yoannes Dion Praduenanta, SKom .

“Menjadi lulusan terbaik bukan berarti harus fokus pada akademik saja, melainkan dapat juga aktif berorganisasi maupun kegiatan lainnya, Mengikuti organisasi seperti HIMMATISI tidak hanya memperluas jaringan, tetapi juga meningkatkan soft skill dan kepemimpinan yang sangat berguna saat kita memasuki dunia kerja. Organisasi memberikan kesempatan untuk belajar menghadapi tantangan nyata dan berkontribusi secara positif kepada komunitas”,Kata Dion.

Setelah Kuliah Umum, acara dilanjutkan dengan sarasehan yang memperkenalkan HIMMATISI lebih dalam kepada mahasiswa baru. Sarasehan ini menekankan pentingnya organisasi sebagai wadah pengembangan diri dan kolaborasi, sekaligus menjadi platform bagi mahasiswa untuk mengeksplorasi minat, memperdalam kompetensi di bidang AI, membangun jaringan dengan alumni, mengembangkan kolaborasi antara mahasiswa, dosen, dan alumni, serta membahas peluang riset dan karier di bidang teknologi informasi.